Senin, 09 Oktober 2017

Cara Recovery Windows 7 Dengan File Image


Pada postingan sebelumnya saya menjelaskan bagaimana Cara Mudah Membuat File Backup Image di Windows 7.Untuk melengkapi artikel tersebut, kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara recovery windows yang corrupt atau bermasalah pada systemnya menggunakan file backup image yang sebelumnya kita buat. 

Adapun ciri - ciri windows yang corrupt atau bermasalah pada systemnya antara lain :

  • Pada saat dinyalakan komputer black screen atau blue screen dan tidak mau masuk ke windows.Umumnya windows akan menampilkan pesan error seperti gambar berikut :



















  • Komputer bisa booting dan mau masuk ke windows, tetapi sering memunculkan pesan error, walau masih bisa digunakan tetapi sangat mengganggu.












  • Windows menjadi lemot,error membuka program atau tools pada windows.Selalu gagal pada saat install dan atau uninstall program atau driver.
  • Komputer restart terus menerus.
4 hal diatas adalah hal - hal yang biasa terjadi apabila windows anda bermasalah pada systemnya.

Baik langsung saja,berikut langkah - langkah recovery windows 7 dengan cara restore file backup image


1. Klik [start] pada windows anda kemudian klik [control panel]. 

2. Klik [backup and restore] ( pastikan control panel anda disetting view by : small icons ).


3. Klik [recover system setting or your computer]

4. Klik [advanced recovery methods]

5. Klik [use system image you created earlier to recover your computer]

6. Untuk bagian ini anda diberi dua pilihan yaitu backup file computer ( dengan memilih [backup now] ) terlebih dahulu atau langsung ke prosses restore dengan memilih [skip]. Untuk tutorial ini saya memilih untuk langsung ke prosses restore, berdasarkan pengalaman saya belum pernah terjadi file windows di drive selain drive C yang hilang atau rusak setelah restore dijalankan kecuali anda salah memilih lokasi restore windows. Tetapi memang lebih dianjurkan backup file - file yang anda anggap penting terlebih dahulu.

7. Klik [restart] ,dan tunggu sampai masuk ke langkah berikutnya.

8. Langkah 1 - 7 bisa dilakukan apabila komputer anda masih bisa masuk ke windows. Bagaimana bila komputer anda sudah tidak bisa masuk ke windows dan hanya menampilkan black screen atau blue screen ? Untuk kasus seperti itu anda bisa menggunakan windows console dengan menekan F8 ( terus menerus ) pada saat pertama kali komputer anda booting sampai muncul pilihan repair komputer seperti gambar berikut ini.

Tab sampai ke repair your computer kemudian tekan [enter].

9. Setelah muncul system recovery option kemudian klik [next].

10. Masukan user name dan password komputer anda kemudian klik [ok].

11. Pilih dan klik [system image recovery].

12. Pilih select a system image kemudian klik [next].

13. Windows akan mengarahkan file image yang sebelumnya kita buat dan informasi drive yang sebelumnya kita backup, pilih file image tersebut kemudian klik [next].

14. Untuk langkah ini anda langsung klik [next] saja.

15. Pada bagian ini windows akan menginformasikan file image,nama user dan lokasi yang akan direstore, silahkan anda klik [Finish] untuk memulai prosses restore image.

16. Apabila muncul peringatan seperti gambar dibawah ini, anda pilih dan klik [yes]. Prosses restore akan berjalan dan memakan waktu yang cukup lama, biasanya 15 - 20 menit bahkan bisa lebih tergantung besarnya file image yang direstore dan kualitas hardisk anda.

17.Prosses restore selesai dan windows akan kembali kesettingan awal pada saat anda membuat file image tersebut.


Demikian tutorial singkat yang bisa saya sampaikan,bagaimana mudah bukan? semoga bermanfaat bagi anda yang sedang memulai untuk belajar tentang dunia IT support. Langkah - langkah di atas menggunakan system tools pada windows 7 professional, namun secara umum sama saja dengan versi windows 7 yang lainya dan windows 7 ke atas.

4 komentar:

  1. Terimakasih ilmu nya gan.. sangat membantu

    BalasHapus
  2. makasih kembali, jangan bosen2 mampir ya..

    BalasHapus
  3. salam gan, kalau cara ngatasi dvd nya yg gk detect/gk bisa buat putar cd movie gmn gan? kan windows 7 32bit saya habis di restart di konter jadi kembali semula..dulu sebelum di restart sih masih bisa gan..minta solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa kemungkinan gan, DVDnya rusak,DVD-RW laptop/pc agan rusak, drivernya belum terinstall atau perlu software untuk memutar video tambahan semisal vlc dsb.

      Hapus